Tuesday, February 3, 2015

Manfaat Nulis Ulasan Produk

Manfaat Nulis Ulasan Produk


Manfaat Nulis Ulasan Produk


Menulis ulasan produk sangatlah mudah dan bermanfaat. Anda tak perlu memiliki skill layaknya penulis-penulis hebat saat membuat review produk. Asal tahu saja, tak semua ulasan produk dibuat oleh para penulis andal. Coba tengok, banyak sekali tulisan-tulisan mengenai produk atau review berhadiah di dunia maya yang dilakukan atau diikuti orang tak dikenal. Mereka bukan penulis-penulis terkenal yang pernah membuat buku. Mereka juga bukan seorang mahasiswa atau lulusan dari jurusan jurnalistik. Mayoritas dari mereka hanya orang biasa yang memang hanya ingin menulis atau mengikuti review competition untuk memberikan manfaat kepada pembaca yang lain. Tak ada batasan umur dalam melakukan review produk. Itu juga bisa dilakukan kapan saja. Para kawula muda, Remaja, dan, orang tua.

Review competition sebuah produk merupakan sarana menguji kekreatifan. Salah satu sarana menulis ulasan produk adalah dengan ulas puas: ulas produknya puas hadiahnya. Melalui penulisan review tersebut, Anda bisa menguji kekreatifan Anda dalam mendeskrpsikan barang. Pendeskripsian barang tersebut bisa ditulis dengan berbagai cara penulisan, yakni penulisan deskriptif, penulisan argumentatif, dan penulisan naratif. Akan tetapi, cara penulisan tersebut mungkin tak semuanya diketahui para peselancar dunia maya. Kebanyakan dari mereka hanya “menulis tanpa teknik” saja. Metode atau tips menulis biasanya mereka abaikan, salahkah menulis review seperti itu? Nah, menulis ulasan produk tanpa menggunakan struktur atau metode penulisan bukan merupakan cara yang salah. Adakalanya penulisan review menggunakan gaya bebas. Sesuaikan gaya penulisannya dengan kemampuan Anda.

Penekanan atau hal yang harus Anda perhatikan saat menulis review atau mengikuti lomba review adalah penyampaian detail produk disertai argumentasi mengenai produk tersebut secara komunikatif. Secara tak langsung, menulis review produk mampu meningkatkan daya analisis Anda. Kemampuan analisis tersebut merupakan wujud keaktifan otak Anda dalam menggali informasi produk tersebut dan mengaitkannya pada informasi atau pengetahuan Anda. Misalnya, Anda akan me-review produk sepatu Nike. Nah, ketika Anda mengulasnya, otomatis Anda akan mengaitkannya pada pengetahuan atau pengalaman Anda tentang ‘sepatu Nike’. Bisa saja Anda pernah diberitahu teman jika sepatu Nike awet dan ringan. Nah, pengalaman tersebutlah yang akan mendorong Anda dalam menggali lebih tentang produk “sepatu Nike”. Dengan membuat atau mengikuti review competition, Anda juga bisa menyebarkan informasi tersebut pada orang lain sehingga menjadi bahan diskusi. Alhasil, orang lain akan memiliki pandangan baru melalui tulisan review Anda.

No comments:

Post a Comment