Monday, May 9, 2016

Tips Memilih Perlengkapan Bayi yang Sesuai Standar

Tips Memilih Perlengkapan Bayi yang Sesuai Standar

Belanja perlengkapan bayi merupakan kegiatan yang menyenangkan. Model dan desainnya yang lucu, kerap membuat gemas. Bahkan, hal ini pun dirasakan oleh mereka yang masih muda dan hanya akan membeli perlengkapan tersebut sebagai hadiah lahiran untuk rekannya.

Namun, dalam membeli perlengkapan bayi tersebut, ternyata ada aturan-aturan yang harus Anda diperhatikan. Bayi masih sangat sensitif dengan lingkungannya, termasuk dengan perlengkapan yang akan dikenakannya. Apalagi untuk mereka, bayi baru lahir yang usianya masih 0 bulan. Sehingga, dalam pemilihan produk, Anda harus bisa memastikan standar keamanan maupun kenyamanannya.

Berikut ini beberap tips dalam membeli perlengkapan bayi yang sesuai standar keamanan dan kenyamanan tersebut:

Tempat tidur Bayi

Pada orang tua modern, biasanya mereka lebih memilih memisahkan tempat tidur bayi dari orangtuanya. Penempatannya pun bisa masih dalam satu kamar atau dipisahkan. Cara ini memang bisa dianggap tepat. Mengingat, kadang-kadang saat memasuki usia dimana seharusnya mereka tidak tidur bersama orang tua lagi, anak-anak masih saja takut atau tidak berani. Beda halnya jika sudah dibiasakan tidur terpisah sejak usia bayi tersebut.

Jadi, jika Anda ingin menggunakan cara ini maka siapkan atau belilah tempat tidur bayi yang aman dan nyaman. Ranjang bayi harus memiliki pintu atau pagar dengan sistem pengunci yang kuat. Sistem penguncian ini juga berlaku untuk ranjang yang dilengkapi dengan roda. Pastikan Anda memilih bahan ranjang yang kuat dan anti karat seperti stainless steel atau kayu. Sedangkan untuk bagian matras atau kasurnya, pilih kasur khususu bayi tahan air yang empuk. Setiap ujung kasur sebisa mungkin harus mengikuti bentuk ranjang. Setiap sudut harus terlapisi dan tidak boleh menyisakan celah untuk menghindari terbentur maupun terjepit.


Baju Atau Pakaian Bayi

Baju atau pakaian bayi  menjadi perlengkapan bayi  selanjutnya yang selalu disiapkan sejak awal sebelum kelahiran bayi. Untuk memilih baju yang aman dan nyaman untuk bayi maka perhatikan bahan, ukuran, serta modelnya. Bahan baju harus yang sejuk dan lembut di kulit sensitif bayi tersebut, bahan yang tidak menyebabkan iritasi kulit. Ukuran pun harus disesuaikan dengan usianya. Sedangkan untuk model, pilih baju bayi yang tidak memiliki bukaan di bagian belakang, baik itu berupa resleting, kancing, atau pita.

Perlengkapan Mandi

Bayi harus dijaga kesehatan dan kebersihan tubuhnya. Sama seperti dalam pemilihan pakaian, penggunaan pelengkapan mandi bayi mulai dari sabun, shampoo, hingga lotion-lotion atau cream dan bedaknya harus yang aman dan bebas iritasi. Perhatikan pada komposisi setiap perlengkapan bayi tersebut. Pilihlah yang tidak memiliki kandungan bahan-bahan seperti alcohol, pengawet, pewangi, dan pewarna kimia yang berbahaya bagi kesehatan kulitnya. Untuk sabun dan shampoo, pilihlah yang praktis dalam bentuk cair serta tidak pedih di mata.  Sedangkan untuk lotion atau cream bayinya, pilih yang teksturnya halus, tidak lengket di kulit.

Standar keamanan dan kenyamanan dari ketiga perlengkapan bayi di atas pun, biasanya sudah dilengkapi  dengan logo SNI.



No comments:

Post a Comment